Sunday, October 10, 2010

Elastix 2.0: Distro Sistem Telepon Terpadu

Distribusi Elastix berdasarkan Asterisk dan CentOS Linux menerbitkan versi perbaikan Elastix 2.0.1 beberapa hari setelah 2.0 dirilis minggu lalu. Disamping fitur utama untuk Telepon, Elastix juga mengintegrasikan software komunikasi bebas lainnya seperti Email, Instant Messaging, Fax dan Videoconfrence.

Pembaruan pada Elastix 2.0 termasuk pengelolaan add-on yang membantu penyesuaian Elastix dengan kebutuhan pengguna termasuk kemungkinan untuk menambahkan aplikasi pihak ketiga. Disamping itu, pengguna Elastix akan menerima pemberitahuan dari sistem sehubungan dengan update untuk add-on yang terpasang.

Tampilan Dashboard juga diperbaiki agar pengguna dapat memantau informasi tentang status dan kinerja sistem lebih baik, seperti misalnya untuk panggilan yang terabaikan (mised calls), Email dan pesan dari vendor. Pengguna diberi pilihan dalam mengatur komponen atau informasi yang ingin ditampilkan di Dashboard.

Sebuah Panel untuk operator berfungsi sebagai pengelola panggilan (telepon) secara realtime yang secara simultan menampilkan informasi tentang aktifitas yang sedang berlangsung.

Mendukung pertemuan virtual, tersedia fitur Elastix Conference Room yang bisa mengorganisasi sebuah Teleconference, termasuk presentasi yang didukung pertukaran berkas berbagai format, disamping menyediakan fasilitas untuk chatting antar peserta konferensi jarak jauh.

Modul Email diperbaiki dan lebih mudah disambungkan dengan server email eksternal. Sistem kini langsung mendukung Mailman, yaitu program pengelola milis yang dapat dipasang via antarmuka Elastix-Interface.

Elastix 2.0 menyediakan falititas untuk Faksimili yang dikirim melalui antarmuka berbasis web (Webinterface). Fax dapat ditulis langsung atau diunggah dari berkas dengan format PDF, Tiff atau Text. Disamping itu modul Agenda juga telah ditingkatkan dengan iCal-Export.


Rincian fitur utama Elastix 2.0:

  • Perbaikan Dashboard baih visual maupun funsional;
  • Fitur add-on management dari Dashboard;
  • Elastix Operator Panel sebagai real-time phone call management;
  • Virtual Conference Room;
  • Integrasi dengan external mail servers lebih mudah;
  • Web-based fax;
  • Peningkatan pada DHCP module;
  • Automatic backups.

No comments:

Post a Comment